Celebes Forum
Kamu Belum Masuk..
Silahkan Login atau Register dulu yah..
Celebes Forum

Forum Diskusi Komunitas Masyarakat Makassar
 
IndeksCelebes ForumCalendarFAQPendaftaranLogin

Share | 
 

 Tips menjadi seorang pecinta alam yang baik

Go down 
PengirimMessage
alul de conan
Junior
Junior
avatar

Male
Jumlah posting : 45
Age : 32
Lokasi : Makassar Rock City
Humor : none
Registration date : 20.12.08

PostSubyek: Tips menjadi seorang pecinta alam yang baik   Wed Jan 07, 2009 7:14 am

Bagaimana caranya jika ingin menjadi seorang pecinta alam yang baik?
1. Mulai dari yang terdekat....tidak membuang sampah sembarangan..karena membuang sampah sembarangan berarti menabung bencana dimasa depan..kemudian melangkah lebih jauh dengan rajin menanam dan memelihara pohon...Seorang pencinta alam sejati tidak harus mendaki banyak puncak atau melintasi banyak hutan..tetapi cukup dengan memelihara lingkungan dengan tidak berusaha merusaknya....ok sobat....
2. lo mau jadi pencinta alam. cintai dulu donk lingkungan lo. kalau lu udah terbiasa dengan mencintai lingkungan sekitar lo. lo akan menjadi pecinta alam yang baik.

3. Simpel. Dari namanya aja "pecinta alam" yg artinya orang yg mencintai alam. Gmana cara menjadi pecinta alam yg baik? caranya adalah pada dasarnya cintailah alam, hal ini merupakan hal pertama, dasar, dan prinsip loe sebagai pecinta alam sehingga segala perilaku tingkah laku loe loe dasari dari kecintaan loe terhadap alam.

Kalo loe bingung gmana cara loe mencintai alam(bukan si Alam loeh), pada intinya sama kalo loe mencintai pacar loe atau orang tua loe ato hal apa aja yg loe cintai. Yakni, loe rawat, loe bae2in, loe sayang, dll.

Gw sangat berharap loe jangan sampe kayak beberapa orang yg menamakan diri mereka "pecinta alam", tapi realitanya adalah mereka merusak alam!! Contoh kecil aja, mereka buang sampah seenaknya, padahal yg unorganik alias gak bisa dicerna tanah...

Gw gak tau deh ,kalo orang masuk pecinta alam tapi malah buang sampah seenaknya kayak gitu , alesan knapa mereka masuk pecinta alam. Oya, banyak yg gabung PA cuman buat gaya2 an, lebih baik lupain aja dah yg kayak gitu, sampah banget tuh orang2 yg macem gituan!!

4. jika tak ada rasa cinta alam tak ada gunanya belajar jadi pecinta alam, usahakan menjaga hal-hal kecil dulu seperti membuang sampah pada tempatnya dengan begitu kamu akan belajar mencintai hal-hal besar.

5. peduli pada lingkungan dan hemat energi.

dapat dimulai dari alam sekitarmu dalam kehidupan sehari-hari.

6. Nah...ini nih...pantes buat didiskusikan...!!

Selama ini kalau ada organisasi MAPALA (mhs. pencinta alam) identik dg kegiatan yg naik gunung, kemping, arung jeram panjat tebing..dll...,tapi anggotanya ada yg merokok..
Hal2 ini menurut saya sudah salah kaprah, masak anggota MAPALA merokok sembarangan, buang sampah sembarangan.
Jadi Organisasi MAPALA harus ketat dalam seleksi anggotanya, harus benar2 cinta lingkungan, kalo perlu tidak boleh seorang perokok.

Selama ini kita sering salah dalam menerapkan pemeliharaan lingkungan, bahwa sampah/limbah itu tidak bisa hilang dengan dibakar atau dibuang, Hal ini hanya memindahkansaja dari rumah ke TPA, dibakar juga cuma pindah ke udara (malah makin mencemari).

Jadi konsepnya bukan "mengolah" tetapi "memilah" jadi dengan memilah sampah jadi tiga drum : plastic, logam dan organik. hal ini memungkinkan untuk di daur ulang dan "Reuse".
Karena dua macam bahan sama2 bermanfaat akan jadi sampah jika tercampur . Misalnya:
Pasir : bermanfaat untuk pembangunan.
Beras: jelas bermanfaat...dong..
Nahh..sekarang Beras dicampur pasir..===> LIMBAH.
Buat pembangunan gak bisa buat makan juga gak ada yg mau...!!

So mau jadi pencinta alam.... pahami konsep "memilah" dulu...jangan malah panjat tebing dulu yahhh....!!
Kembali Ke Atas Go down
http://mahesabaraya.blogspot.com
 
Tips menjadi seorang pecinta alam yang baik
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Celebes Forum :: Hobby :: Hobby Lain-
Navigasi: